Jadi seperti apakah nanti?

Sebenernya saya sangat enggan yang mau nyumbangin beberapa tulisan saya ini ke buletin aliyah, sebab pastinya di buletin ini khan cuma orang-orang cendikia dan yang hebat nulis aja yang bisa masuk kok tulisan saya nyampe layak dimuat segala sih katanya padahal saya ga suka sama tulisan yang resmi-resmi kayak  tulisannya Mu’alliem Ikramul Fajri yang apik gitu apalagi kayak tulisannya Ust. Ghufron Cholid di edisi kemarin. Gila! Ga mungkin bisalah saya mah emang saya tau apa coba?, tapi mau gimana lagi karna saya ga bisa berkutik sama sekali dihadapan temen-temen saya yang saat ini menjadi salah satu bagian dari buletin ini (maksudnya tim sibuklah), terpaksalah ceritanya orang saya ga bisa nolak sebab nyatanya saya memang salah seorang dari sekian banyaknya manusia yang gemar ngabisin hari-harinya hanya untuk kepentingan blog dan web situs semata, buktinya saya punya beberapa halaman web yang bisa dibilang lumayanlah seperti http://bocahandini.blogspot.com, halaman web log pertama saya yang saya buat sekitar satu tahun sembilan bulanan ini, dan juga seperti halaman web saya yang   http://bocahriella.herobo.com, web hosting yang baru beberapa bulan terakhir ini saya dapatkan dari Ust. Luthfi Andi, http://bocahdarighalonk37.net23.net, halaman web khusus tempat donlot berkas-berkas yang saya punya yang baru saya buat waktu tanggal sebelas april kemarin dan masih ada sekitar dua halaman lagi yang saya punya tapi hanya tiga web inilah yang saya sering kunjungi entah hanya ngedit templatenya, ataupun nambahin postingannya atau kalo ga nemu ide lagi saya hanya keliling ajah sembari daur adakah komentar yang saya dapetin dari para pengunjung blog saya itu, padahal sih saya juga pernah berkecimpung sama temen-temen saya buat bikin situs khusus angkatan generasinya saya dengan url http://zebjiz-generation.comeze.com tapi karna ga ada dukungan dari temen-temen dan saya juga mulai males karna waktu itu saya cuma bisa sama HTMLnya ajah jadi buat navigasi menunya masih pake table gitu dan akhirnya gagal deh proyeknya tapi websitenya nyampe sekarang masih ada kok. Karna kata temen-temen saya kalo orang yang sering nulis apalagi di web lognya ga perlu diraguin lagi kata-katanya buktinya aja tulisan Ust. Ghufron, Hehehhh.... saya jadi  ngerasa kalo kuping saya jadi megar sebelah dah yang mau ngedengernya dan kerasa mau dapet pujian kayak gitu lagi. J
Naah, dari sini temen-temen saya maksain saya buat nulisin sekedar curahan hatinya saya, seperti apa yang biasanya saya lakuin dihalaman web yang saya miliki, yaudah mau digimanain lagi, sebelumnya saya udah bikin kesepakatan sama mereka, maklumlah karna saya memang bukan tipe orang yang cenderung suka ama model-model sastra, atau pintar mungkin, orang yang mau nyusun titik koma jebretnya aja ga beraturan gitu dan juga saya memang suka membuang-buang banyak kata padahal hanya ingin mengungkapkan dan menerangkan satu makna ajah itupun kalo bener, lebih bertele-tele yang mau ngejelasin nya, cuma bisa bikin kata-kata itu jadi mubadzir! Tapi khan enak biar ntar saya bakal dibilang kalo tulisannya saya ini banyak dan pinter nulis gitu. Tapi nyatanya saya ga pinter dan ga kayak gitu kok, saya cuma makhluk lebai yang bisa curhatnya ke halaman web karna hanya dengan inilah saya bisa mengarsipkan dan mengenangnya jika saya masih hidup dimasa nanti atau mungkin saya bisa mereinkarnasikan diri saya sendiri seperti di film-film vampir yang sering saya tonton dan membacanya lagi dikehidupan lain yang akan mendatang, sebab dari dulu kalo saya nulis dibuku khusus anggep ajah kasykul, kalo ga ilang, pasti basah, ato yang lebih parah lagi pernah dijadiin tempat makan nasi sama temen-temennya saya, makadari itu setelah kejadian yang amat mengenaskan itu saya jadi merasa trauma dan untungnya dewa blog datang dan masuk kedalam alam bawah sadar saya, direspon baik oleh saya dan akhirnya saya lebih cenderung suka bahkan tertarik banget buat ngabisin hidupnya saya ke dunia maya ini, selain hanya dipublikasiin diinternet saya juga bisa mejengin dan nyebar-nyebarin bahwa saya ini ada contohnya aja nama “Fannil abror” atau “Finall Rhyra Van houtten” (Nama samaran saya) kini udah masuk dalam database Google Search Engine kalo ga percaya cari aja dah, mau di web atau digambar juga pasti nongol saya (*Heeeee). Dan juga saya  minta dimaklumin sama temen-temen saya itu kalo tulisan saya ini ga nyambung karna saya ga terlatih jadi manusia resmi yang biasaynya banyak ditemuin dihalaman-halaman web yang isinya jauh lebih berbobot ketimbang punyanya saya, kayak web lognya orang-orang sukses disana, tapi kalo mau nyeleneh saya juga lebih ga bisa, ga bisa kayak kak Raditya Andika, pacarnya kak Sherina-Gregetan yang bisa menggarap sekian banyak dolar dengan beberapa hitungan bulan saja hanya karna halaman webnya yang super gokil dan karyanyapun nyampe dijadiin buku cerita yang tebel-tebel kayak apaan tau padahal rada-rada nyeleneh contoh kambing jantan, radikus makan kakus dan macem-macem yang pastinya ga saya tau lagi macam bukunya.
Bukannya saya sombong, tapi inilah saya, saya cuma mau mejeng sambil ngebanggain dirinya saya dengan cara pamer, hanya itu saja dan selebihnya biarin saya  gila duluan yang penting efek dari lebainya saya hanya mengimbas kesaya dan bukan ke yang lainnya kecuali kalo temen-temen sepemikiran sama. Jujur saya mau banget bisa jadi blogger, webster atau mungkin jadi programmer yang handal, bisa kayak Phyra Lab sang penemu blogger, Matt Mulenweg programmer muda pemiliki wordpress yang saat ini lebih terkenal dengan Content Managemet Systemnya hingga tak sedikit situs-situs yang memakai fasilitas CMSnya seperti http://al-amien.ac.id itu sendiri, mark Zuckerberg founder facebook yang saat ini buatannya meledak di kalangan kita, atau Andrew Darwis si pembuat Kaskus yang mantep sama bahasa pemrograman yang level tinggi seperti Java, atau Ajax, atau script-script lain mungkin, tapi boro-boro saya bisa wong mau nyari tutorial sama aplikasinya aja susahnya minta ampun apalagi kalo mau beli harus keluarin biaya yang gede pula, bayangin! Lima puluhan keatas, belum ongkos bolak-baliknya kesurabaya. tau sih itu khan ilmu, tapi khan saya bukan cuma nyari satu. emangnya saya ga mau jajan apa? Mungkin itu bisa terjadi kalo orang tua saya ngasih, kalo enggak? Gimana?, kalo mau donlot disini lamanya minta ampun, kadang koneksinya putus ditengah jalan, dan itupun selalu terbatas sama waktu kemesjit karna pastinya labkom itu nutup dan kbps-nya pula, mau ijin ke luar lewat Mudir Marhalah, emangnya mau alesan apa? Mau ngenet gitu? Paling juga diketawain adanya dan itu juga kalo saya ga dapet yang TRIAL atau yang DEMO. Lagian selain itu kapan saya punya waktu sekiranya dalam waktu dekat saya bisa langsung bisa? (Mimpi kaleeee), semuanya ga mungkin bisa tercapai kecuali kalo saya udah lulus dari pesantren nanti. Amien J. Tapi yang penting saya berusaha dulu, saat ini saya cuma bisa hafal sama bahasa Hypertext Markup Language (HTML) ajah (meski ga semuanya *Heee) dan lumayan ngertilah sama Personal Home Page(PHP) dan Cascesing Style Sheet (CSS) meskipun ga terlalu tau. Saya udah bersyukur banget pernah dikenalin sama aplikasi Server2Go sama Ust. Luthfi Andi, karna dengan itu saya bisa nyoba-nyoba sendiri sampe ngerti dan juga bisa hafal sama yang namanya HTML.
Saya selalu berharap agar saya bisa menjadi apa yang saya mau, sekalipun semua ras disini ga ada yang mau mengerti dan mendukung, saya hanya ingin hidup dengan halaman-halaman web yang kini melekat diotak saya karna saya yakin saya bisa merubah dunia saya sendiri dengan menjadi Pro-Blogger melalui tangan saya ini sekalipun hidupnya saya ga berarti, ga da yang mengharapkannya, dan ga ada yang pengen tau menahu tentang hidup saya, tapi saya yakin saya hanya bisa bahagia dengan itu dan saya juga bisa mewarnai dan merasakan hidup ini dengan diri saya sendiri. mungkin saya terlalu kukuh, mungkin saya keras kepala dan mungkin saya tidak benar, dan semua kemungkinan sudah saya rekayasa dari awal bukan dengan pelajaran-pelajaran formal disekolah hidup saya akan ada, tapi halaman yang dihias dengan halusinasi imajinasi sayalah yang bisa merubah  hidup saya jadi makin berarti dikemudian hari meskipun katanya ditahun 2012 nanti akan ada mega badai matahari yang bisa menghancurkan semua gedung-gedung gede dan pastinya gedung hosting, gedung facebook, komputer raksasa, server-server ftp akan hancur dan semuanya akan ludes dan kehidupan didunia digital layaknya internet akan dimulai dari angka nol lagi, ga ada facebook, ga ada blog, sinyal hape terputus, ga ada labkom dan mungkin ga ada web situsnya saya lagi, atau mungkin armagedon kah yang terjadi? Peristiwa yang memang tercatat dalam kalender inka maya, kalender yang akan terhitung setiap lima ribu tahun sekali, peristiwa terformatnya kehidupan dibumi yang katanya dulu peristiwa ini pernah terjadi sekitar 2980-an tahun sebelum masehi lalu dan benar-benar akan terjadi ditahun 2012 nanti hingga tidak ada kehidupan lagi dibumi ini dan akan dimulai lagi setelah beberapa saat setelah kejadian itu, saya bisa percaya itu dan saya bisa yakin itu bahkan kalo semua itu ga akan terjadi saya bisa menjadikan kata-kata para ilmuan dan astronom yang sering saya dapatkan melalui Mesin pencari raksasa Google itu menjadi bahan dari halusinasi saya, dan saya akan menambahkan kalo nanti akan ada satu dari bintang-bintang ikut terbentur bersamanya dan jatuh ke salah satu bagian dari bumi dan hancur lebur keladang jagung trus digiling hingga menjadi serbuk bintang dan dijual sama tukang jualan jamu biar lebih kuat katanya, yang nantinya pula serbuk bintang itu bisa menjadikan seorang itu menjadi super, bisa dijadikan alat bantu canggih manusia dan bahkan bisa dijadikan pengganti batre ABC, bisa ngebantu desel yang sering mati dimesjit kalo lampunya padam, atau mungkin bisa sebagai mantra yang ampuh sebab setau saya bintang itu adalah satu-satunya alat tercanggih yang ditaro diluar angkasa untuk melempar para setan dan jin-jin jahat (begitulah kata guru ngaji saya waktu saya masih SD dulu). Semua itu akan saya jadikan bahan dari terusan komik yang pernah saya buat  sedari saya ada dipesantren ini, The Legend Of SHU (*Heee)
Saya yakin dari situ saya berkembang dan dari situ saya memiliki pengalaman-pengalaman baru yang saya yakin ga semuanya mengerti dan memahaminya, dengan itu saya bisa tau bahasa inggris dan dari situ saya bisa merasa bahwa hidup ini memiliki simpul yang bermacam-macam dan hanya satu tujuan selama kita masih bisa bertahan untuk hidup disini, sama seperti konsep dari interNet itu, kalo kejebak yaudah tanggung sendiri akibatnya.
Jika saya disuruh memilih antara hidup dan mati saya akan memilih mati karna saya tau hidup saya ini ga bisa mengindahkan yang lain sekalipun matinya saya harus lebih parah dari yang saya bayangin misalnya ajah kelindes kereta api dan akan mati ketika terseret gerbong yang keempat mungkin, hingga tangan dan jari jemari saya mental kemana, muka saya hancur babak belur mungkin dan juga saya harus kehilangan semua yang saya miliki, Ya ga apa-apa tapi saya akan memilihnya setelah nanti, setelah saya sudah bisa naroin semua hasrat saya dengan benar, cita-cita saya sudah tercapai hingga makhluk-makhluk bumi (manusia), ataupun UFO dan Alien-alien bisa mengetahui saya hanya dari situ bukan dari dunia nyata ini. Bisa tau bahwa saya ini pernah ada, dan bisa tau bahwa saya masih meninggalkan sesuatu yang tidak bisa dianggap dan dinilai oleh orang lain tapi masih dipertanyakan bahkan kalo kesampean sih akan diteliti oleh orang-orang nanti. Itulah yang saya harapkan, Hanya itu.
Saya tau harapan saya ini terlalu jauh dari kenyataan, tidak bisa dicerna, bahkan terlalu mengada-adakan sesuatu yang amat mustahil, tapi apa salahnya berusaha mungkin saja itu akan terjadi kepada saya sendiri tanpa bisa disaksikan oleh orang lain, dan tanpa diketahui oleh siapapun juga. Ust. Khuza’ie pernah ngasih tau saya tentang arti dari integrity, awalnya saya tidak begitu paham dengan apa yang beliau utarain itu tapi lama kelamaan, setelah tidak ada yang bisa melihat saya, ga ada yang bisa menghargai saya dan ga ada seorangpun yang peduli tentang pendapat saya, rasa kecewa, mangkel, nyesek, dan setelah semua rasa enek jadi satu saya rasain akhirnya saya juga menyadari dan lebih dari dugaan saya ternyata integrity itu sangat saya butuhkan, ternyata saya bisa berjalan sendiri tanpa harus percaya sama orang lain yang malah menurut saya mereka jauh ga bisa saya percaya ketimbang sayanya sendiri, dan ternyata bener juga kata Mu’alliem Abdurrahman LB yang waktu dulu pernah bikin kaos geng dengan nama JOKER (Jomblo keren), dengan motto Berdiri Sendiri Diatas Marhalah. J
 Dan mulai dari itulah lebih baik saya mendengar kata hati saya daripada semua pendapat orang lain terhadap saya sekalipun itu untuk masa depan saya. Bukan maksudnya saya ini ga mau diatur dan ga mau diarahin tapi cobalah mengerti apa yang sebenernya terlintas dibenak ini, yang memang ada dihati kecil ini, kasian khan kalo hanya bisa menuruti kata orang padahal dirinya menderita, padahal masih ada yang diharapkan bukan dari yang dikerjakan, sumpah! Hati ini akan memberontak dalam-dalam dan masa’ sih kita hanya memendamnya begitu saja? Hati ini punya hak untuk memilih mana yang cocok melalui naluri kita. Dan sikap ini saya rasa begitu kuat saya rasain ketika saya baru nonton film 3 idiots. “Jadilah apapun yang saya mau”, “aal iz wel” bahwa semuanya akan baik-baik saja. itulah kesan awal yang saya temui disana sekalipun orangtuanya berkehendak menjadi apa. Saya mau jadi diri saya yang sebenarnya tanpa harus terpaku kata-kata orang lain dan itu akan menjadi tekad saya hingga saya musnah nanti.
Untuk urusan belajar saya merasa kalo saya ini pemalas bahkan yang mau baca bukunya ajah udah ga punya gairah sama sekali, ga tau kenapa tapi saya yakin itu semua karna nyatanya ga ada satu materi dalam kelaspun yang bisa saya jadiin pedoman buat hidup saya nanti. Lebih baik belajar bahasa pemrograman atau mengkhayal seadanya karena itulah yang akan saya gunakan kelak dan akan saya perlihatkan dihadapan semua orang yang udah nganggep kalo saya ga akan bisa jadi apa-apa kalo saya masih cenderung pemalas begini. Liat dulu dong saya males dalem bidang apa? Coba sekali-kali ada hal yang berkenaan dengan IT, lomba atau boleh ikut seminar blogger yang biasanya sering diadain disurabaya gitu. pasti saya akan mencoba untuk unjuk kebolehan. Saya pernah suka sama bahasa inggris, sering mengikuti lomba entah itu dalam maupun luar pondok hingga saya pernah jadi juara satu lomba pidato bahasa inggris perwakilan dari pesanten ini, tapi rasa gemar itu saya rasa sudah hilang sejak satu setengah tahun terakhir, ketika saya mempunyai kendala pribadi yang ditambah ga kuatnya saya sama ocehan temen-temen saya dan juga ternyata saya sadar kalo saya tidak punya mental. Saya selalu tampil grogi, ga bisa apa-apa dan tidak pantas untuk berjaya didunia nyata dan itu juga adalah alasan saya kenapa saya ingin dikenal banyak orang bukan dari dunia ini melainkan dunia maya.
Sejak awal saya memang tidak suka dan juga tidak berminat sama sekali dengan bahasa arab, sebab menurut saya sendiri saya juga ga mungkin memakainya nanti. Saya ga akan menjadi orang yang lebih, dan saya juga ga bisa diharapkan jadi orang lebih, saya hanya orang biasa yang terlalu banyak ego hingga saya sendiri sulit untuk mendengar harapan-harapan orang lain, saya cuma bisanya nyusahin ajah. Saya tau ayah saya punya lembaga pondok pesantren, tetapi inilah kesepakatan bahwa yang akan meneruskannya adalah adik saya, bukan saya jadi ga ada alesan lain kenapa saya lebih memilih dunia digital untuk saya lagi.
Menurut saya, segala ketidak pastian dan rasa kesemutan karena selalu datang dikala hati ini terguncang yang memang terjadi akibat tekanan dahsyat dari lubuk yang paling dalam memang akan tetap terus bahkan selalu ada ditengah-tengah kehidupan ini yang mungkin akan mengatas namakan cobaan, ataupun musibah sekalipun berada dalam ruang lingkup yang lebih sempit, berada ditempat manusia-manusia yang tidak akan mengganggu secara buas, tapi akankah rasa tertekan itu akan selamanya hilang kalo masih ada satu hal yang tidak dapat dicoba untuk mengertinya. Langkah apakah yang akan saya ambil ketika kata-kata ini benar-benar terjadi?. Diam dan tetap diam adalah satu-satunya cara yang akan diambil meski satu-satunya cara ini akan meninggalkan kesan bahwa saya ini keras kepala, saya akan mengambil langkah ini ketimbang harus menyita keyakinan dan pendirian yang ada, dan diam pula akan menghidupkan karakter baru menurut saya, memenuhi kepribadian sebab saat itu integrity sangatlah dibutuhkan.
Dan untuk kesekian kalinya cobalah mengerti apa yang dirasain seseorang dan apa juga yang ia perbuat untuk hidupnya, ingin jadi apakah kelak itu adalah keputusan dari seseorang itu. Sebab setiap kita juga pasti punya harapan lebih meski harapan itu tidak mungkin semuanya terwujud. “Innal Fatta Man Yaqulu Haannada, Wa Laisal FattaMan Yaqulu Kaana abi”, I know what do’ll I do for my life.  So I would be My self and Just me that to be mine.... :). Mungkin semuanya akan bosan ketika saya mengulang kalimat ini lagi sebab untuk kesekian kalinya saya sering membeberkan kata-kata ini ketika saya sedang putus asa lewat diary digital saya dengan semua pendapat yang ga bisa saya terima, padahal nyatanya semua ini saya utarain dengan benar, dengan nyata tanpa ada rekayasa dari hati ini. Sering saya merasa bahwa hidup ini ga akan menjadi indah selama saya yang merasakannya, hidup ini akan sama seperti air yang amat keruh layaknya air comberan dirawa-rawa yang ga pernah terawat, atau lebih keruh dari itu semua. L
Maafkan saya jika temen-temen ga bisa mendapat nilai-nilai positif dari apa yang telah saya beberkan ini, sesungguhnya saya benar-benar tidak tau apa itu karya, saya memang ga terbiasa untuk hal ini karna saya hanya bisa terpaku pada satu tujuan, yang memang ada dari hati saya sendiri dan saya ga bisa peduli jika ada yang bilang kalo tulisan saya ini kocar-kacir , amburadul dan ga danta, ga bisa dimaknai secara total yang penting saya udah ngebuka dan membeberkan semua yang saya rasa, dan yang paling penting saya bisa menghayatinya sendiri segimana berat hidup yang saya jalani ketika separuh harapan seakan-akan ga direspon dengan baik dan hanya bisa dilihat lebih kurang dari sebelah mata. Itu saja dan selebihnya maaf seribu maaf akan terus saya selipkan disela-sela tulisan saya yang lain nanti. 

0 oMeLaNku....:

Posting Komentar

Corat coretin karyanya aku disini biar suatu saat nanti kalo pas aku ngebaca nee coretan bakalan aku pelajari lebih lanjut siapa tau aja ada hal baru yang bakal aku tampilin ke temen-temen semua :)